Sabtu, 06 November 2010

Bagaimana Menggunakan Paracetamol TEPAT SASARAN



Dewasa
Dosis yang dianjurkan parasetamol pada orang dewasa adalah dua tablet 500mg (yaitu 1gm parasetamol) setiap empat sampai enam jam, tidak melebihi delapan tablet (4gms) dalam jangka waktu 24 jam (1). dosis ini dapat terus selama beberapa hari. Jika pereda nyeri diperlukan untuk waktu yang lebih lama itu harus dengan pengawasan dokter.

Anak
dosis anak-anak berbeda dengan usia anak dan jenis produk, maka petunjuk pada kemasan harus selalu diikuti.

Secara umum, dosis anak-anak didasarkan pada satu dosis parasetamol 10mg per berat badan kilogram, yang dapat diulang 4-6 jam, tidak lebih dari empat dosis per 24 jam.

Pada rekomendasi dokter saja, parasetamol dapat diberikan untuk anak umur 2 bulan setelah imunisasi sebagai dosis tunggal 60mg (2.5mL suspensi yaitu parasetamol cair (oral) pada kekuatan 120 mg per 5 ml).

Untuk anak di bawah 3 bulan, saran dokter saja, dosis parasetamol adalah 10 mg per kilogram berat badan (5mg/kg jika kuning).

Untuk anak 3 bulan sampai 1 tahun usia dosis antara 60mg dan 120 mg (yaitu 2.5mL untuk 5 ml parasetamol cair (suspensi oral) dengan kekuatan 120mg/5mL) dapat diulang setiap 4-6 jam menjadi maksimum 4 dosis dalam 24 jam.

Untuk anak umur 1 sampai 5 tahun dari 120 mg sampai 250mg (yaitu 5 ml untuk 10 ml parasetamol cair (suspensi oral) dengan kekuatan 120mg/5mL) dapat diulang setiap 4-6 jam maksimum 4 dosis dalam 24 jam.

Untuk seorang anak 6 sampai 12 tahun 250 mg sampai 500 mg (yaitu 5 ml untuk 10 ml parasetamol cair (suspensi oral) dengan kekuatan 250mg/5mL) dapat diulang setiap 4-6 jam maksimum 4 dosis dalam 24 jam.

Dosis ini telah ditemukan untuk menjadi efektif, ditoleransi dengan baik dan aman (2) dalam penggunaan obat bebas dan tidak ada keadaan di mana mereka harus terlampaui. Jika dosis ini tidak terbukti efektif, maka seorang apoteker atau dokter harus berkonsultasi untuk saran lebih lanjut.

Resep

Secara umum dosis yang dianjurkan yang ditunjukkan di atas harus diikuti. Jika, di rumah sakit, dosis yang lebih tinggi dianggap diinginkan itu adalah tanggung jawab resep dokter. Karena tidak ada batas yang jelas di mana racun mungkin terjadi pada pasien individu, telah direkomendasikan bahwa dimana dosis yang lebih tinggi diresepkan untuk jangka waktu yang panjang, fungsi hati harus dimonitor (2).

Tidak ada komentar: